Hidup tanpa menjadi nasabah di sebuah
Bank rasanya ada yang kurang. Wajar saja, di zaman post-modernisme ini, layanan
bank sangat dibutuhkan. Contoh sederhananya, jika dahulu kita ingin berpergian
kita harus membawa uang tunai/cash dengan nominal yang besar dan itu sangat merepotkan.
Namun sekarang, kita dimudahkan dengan adanya kartu ATM. Jika dahulu kita
belanja diribetkan dengan ketiadaan uang pas, sekarang kita bisa belanja dengan
kartu kredit atau debit.
Seiring berkembangnya dunia perbankan,
promo pun semakin gencar. Tatkala kita mudah dihipnotis dengan layanan bank
yang hanya sesaat tanpa mempertimbangkan kredibilitas, reliabilitas dan
prestasi dari bank itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus memilih bank yang
prestasinya terjamin.
Nah,
bank BNI merupakan pilihan yang tepat bagi kita. Bank yang didirikan 5 Juli
1946 sekaligus bank tertua di Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, BNI
sudah banyak menyabet penghargaan nasional bahkan internasional. Banyaknya penghargaan
yang ditoreh telah mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional. Pada
tahun 2014, BNI dinobatkan sebagai bank yang memiliki Divisi Internasional
terbaik di Asia Tenggara. Pada saat yang sama, BNI tetap menjadi bank dengan
layanan kepada nasabah kecil dan menengah serta layanan Cash Management terbaik di Indonesia.
Majalah Alpha
Southeast Asia saat di Jakarta memberikan tiga penghargaan sekaligus kepada
bank BNI diantaranya The Best International Banking Division of The Year
2014 in Southeast Asia, The Best Cash Management Bank, dan The
Best SME Bank in Indonesia. Penghargaan ini diraih karena BNI dinilai unggul
pada berbagai sudut penilaian, mulai dari kinerja bisnis, network coverage,
dan strategi bisnis. BNI mengusung visi bisnis internasional: “Bridging
Indonesia and The World” hingga mendapatkan penilaian yang signifikan dalam
survei yang dilaksanakan Alpha Southeast Asia.
Visi Bridging
Indonesia and The World tidak sekadar slogan semata karena BNI memang
serius menggarap bisnis internasionalnya, antara lain dengan terus memberikan
solusi untuk kebutuhan nasabah. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan berbagai
penghargaan yang sudah didapat.
Selain
penghargaan yang diberikan oleh majalah Alpha Southeast Asia, BNI juga mendapatkan beberapa penghargaan
lain di tahun 2014 lalu. Berikut penulis lampirkan 10 diantaranya yang paling
bergengsi.
- Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
- The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
- Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
- The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
- Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
- The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
- Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
- Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
- Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
- Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
Menjelang usia 69 tahun, BNI juga tidak vakum prestasi. Pada tanggal
29 Januari 2015 di Kuala Lumpur Malaysia, BNI Financial Service Group kembali
diakui sebagai yang terbaik di Asia Tenggara. BNI beserta dua anak
perusahaannya yaitu BNI Life dan BNI Securities yang merupakan
Layanan Keuangan Terpadu (BNI Financial Service Group) menerima
penghargaan dari Alpha Southeast Asia Magazine untuk layanan Trade Finance,
Remittance, Cash Management, Kredit Sindikasi Terbaik di Asia
Tenggara, dan Merger & Akuisisi terbaik dengan partner internasional.
Tercatat lima aktivitas keuangan dan layanan di BNI dan anak perusahaan yang
mendapat pengakuan sebagai pemberi layanan terbaik.
BNI juga dinilai layak mendapatkan penghargaan Best Payable Solution of
the Year In Southeast Asia karena keunggulannya dalam memberikan layanan Cash
Management. Salah satu layanan Cash Management adalah pembayaran Pajak Online
(e-Tax) melalui BNI, dimana BNI merupakan bank pertama di Indonesia yang
memberikan layanan elektronik secara real time dan menjadi bank asal Indonesia
pertama yang memiliki layanan terintegrasi dengan kantor Pajak dan Kepabeanan
di Kementerian Keuangan RI.
Baru-baru ini Bank BNI dinobatkan sebagai "Best Cash Management Bank in Indonesia" oleh Asian
Banker. BNI juga menjadi yang terbaik di Indonesia dalam bisnis bank to bank
service baik pada lingkup domestik maupun internasional sehingga dinilai
layak menerima penghargaan "Leading
Counterparty Bank in Indonesia" dari Asian Banker.
Tidak seperti bank lainnya, Bank BNI semakin mengepakkan sayapnya di kancah
internasional. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya beberapa kantor cabang di dunia
seperti London, New York, Tokyo, Singapura, Hongkong; satu sub branch di Osaka;
Limited Purpose Branch di Singapura; dan Remittance Representative yang
tersebar di Malaysia, Saudi Arabia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Amerika
Serikat. Hal ini sangat sesuai dengan salah satu dari 4 nilai budaya kerja Bank
BNI yaitu Orientasi Pelanggan (Customer Orientation). Dengan semakin
banyaknya kantor cabang yang dibuka oleh bank BNI, maka akan semakin memudahkan
para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan jika melakukan perjalanan ke
luar negeri.
Kemudian, BNI juga memiliki 11.209 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420
kabupaten/kota di Indonesia dan 6 ATM di luar negeri, yaitu 4 (empat) ATM di
Hong Kong dan 2 (dua) ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh
43.191 ATM LINK, 64.471 ATM Bersama, serta 71.369 jaringan ATM PRIMA. Selain
itu terdapat fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 500046 atau melalui ponsel
(021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id. Jadi para nasabah bank BNI tidak perlu
khawatir lagi jika ingin bepergian keluar negeri.
Untuk jaringan dalam negeri sendiri, BNI memiliki 1.714 outlet yang
tersebar di 34 provinsi dan 384 kabupaten. Untuk melengkapi pelayanan kepada
masyarakat, BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit
Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer and Retail Loan
Center (LNC) yang terbesar di seluruh Indonesia.
BNI tidak hanya berprestasi di bidang pelayanan nasabah tetapi juga di berbagai sektor kehidupan.
Pertama, di bidang Pendidikan. BNI tidak pernah tutup mata terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia khususnya di pelosok negeri. BNI pernah memberikan bantuan Kapal Pintar sebagai sarana belajar dan taman baca yang beroperasi di daerah terpencil bekerjasama dengan TNI. Tidak hanya sarana dan prasarana di pendidikan, BNI juga dengan setia memberikan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. BNI juga ambil andil dalam mempersiapkan generasi bangsa dengan melakukan berbagai pelatihan dan pembinaan kepada atlet nasional, tgenaga pendidik, orang disabilitas, pembinaan UKM kecil dan mitra yang ada di Kampoeng BNI.
Kedua, mengurangi kemiskinan. BNI memiliki program Pembangunan Desa di Pulau Komodo dan Desa wisata Borobudur. Melalui program ini, BNI membantu pemerintah untuk memutuskan rantai kemiskinan di negeri ini secara perlahan.
Ketiga, Membantu korban Bencana. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sering dilanda bencana alam. BNI merupakan salah satu bank yang selalu berusaha menjadi yang pertama membantu para korban. Korban bencana yang dibantu BNI seperti bencana longsor dan banjir di Manado, meletusnya gunung Sinabung, banjir Jakarta dan banyak daerah lainnya.
Keempat, sektor Kesehatan. Bulan Mei 2015 lalu, BNI memberikan satu unit ambulans kepada kabupaten Siak, Riau untuk menyukseskan program peningkatan kesehatan di daerah tersebut. Selain itu, BNI juga pernah membantu PMI dengan memberikan bantuan 5 unit mobil transfusi darah dan juga memberikan prngobatan gratis di berbagai desa di tanah air.
Kelima, sektor pembangunan infrastruktur. BNI sering membuat program membangun sekolah di daerah terpencil. BNI juga membangun Kampoeng BNI untuk mendukung industri kreatif dan budidaya hasil agrikultur serta pembangunan pembangkit listrik. Di ulang tahun BNI ke-69, BNI juga telah sukses membangun 6 jembatan dan 9 sekolah di kawasan minim akses transportasi di Indonesia.
Keenam, turut melestarian Alam. Indonesia memiliki alam yang sangat bagus. Tentu untuk melestarikannya, dibutuhkan sentuhan tangan berbagai pihak baik tenaga maupun dana. Nah, BNI juga turut membantu pemerintah untuk melestarikan alam Indonesia. Yang pernah dikerjakan oleh BNI yakni membangun Pusat Pembibitan di daerah Sentul, Bogor dan melakukan penghijauan Kawasan kritis di seluruh Indonesia. BNI juga ikut membangun hutan dan taman kota di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Aceh, Solo, Surabaya, Jimbaran, Wonosari dan Yogyakarta. Selain itu, BNI juga turut membantu program penanaman mangrove dan pelepasan penyu Belimbing serta rehabilitasi orang utan di Kalimantan Tengah.
Jadi masih meragukan bank BNI? Tidak lagi bukan? Jadi, tunggu apalagi,
jadilah nasabah BNI. Karena Bank BNI, Bank Segudang Prestasi dan Amal. Selain itu, dalam
kesehariannya BNI selalu melayani dengan jujur, tulus, ikhlas, disiplin,
konsisten, bertanggungjawab, kreatif dan inovatif kepada seluruh nasabahnya.
Sumber :
http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/sejarah.aspx
http://bumn.go.id/bni/halaman/41/tentang-perusahaan.html
http://bumn.go.id/bni/berita/127/Contact.Center.BNI.Cetak.Prestasi.Tingkat.Dunia
http://bni.co.id/id-id/tentangkami/budayaperusahaan.aspx
http://www.dream.co.id/dinar/bank-asal-indonesia-ini-raih-divisi-internasional-terbaik-140829c.html
*Tulisan ini disertakan pada lomba Blogging #69Tahun BNI Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri
http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/sejarah.aspx
http://bumn.go.id/bni/halaman/41/tentang-perusahaan.html
http://bumn.go.id/bni/berita/127/Contact.Center.BNI.Cetak.Prestasi.Tingkat.Dunia
http://bni.co.id/id-id/tentangkami/budayaperusahaan.aspx
http://www.dream.co.id/dinar/bank-asal-indonesia-ini-raih-divisi-internasional-terbaik-140829c.html
*Tulisan ini disertakan pada lomba Blogging #69Tahun BNI Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar